Minggu, 12 April 2009

CUCI DARAH DAN CANGKOK GINJAL


Konsultasi dr Samsuridjal Djauzi

KAKAK laki-laki saya berumur 46 tahun telah tiga tahun ini menjalani cangkok ginjal. Untunglah dia pegawai negeri sehingga pembiayaan pengobatan didukung asuransi kesehatan pegawai negeri.


Dia memang sudah lama diketahui menderita batu ginjal dan mengalami infeksi ginjal berkali-kali. Kemudian fungsi ginjalnya menurun secara progresif sehingga tiga tahun lalu dokter memutuskan harus cuci darah. Dia masih mencoba ke kantor semampunya dan juga mulai menyesuaikan diri dengan keadaan ini. Meski dengan keterbatasan kesehatan, dia mampu melaksanakan tugas utamanya di kantor.

Belakangan ini dia mulai mengalami depresi setelah beberapa orang pasien cuci darah yang dia kenal meninggal dunia. Dia mulai merasa dia juga akan meninggal dalam waktu tak terlalu lama. Saya mencoba menanyakan kepada dokter yang merawat beliau, ternyata keadaan kesehatan kakak saya masih stabil. Ini sesuai dengan kemampuan fisiknya yang kami lihat sebagai orang awam.

Saya mencoba mengerti perasaan kakak saya. Tentu tidak menyenangkan menjalani cuci darah. Dia harus teratur menjalaninya, diantar istrinya. Tak boleh terlambat karena jadwal penggunaan mesin cuci darah amat ketat. Jumlah orang yang memerlukan cuci darah rupanya jauh lebih banyak daripada mesin yang tersedia, apalagi bagi pasien cuci darah yang dibiayai asuransi kesehatan.

Karena sering bertemu, para pasien berkenalan, bersahabat dan bersimpati. Jika ada teman meninggal, mereka ikut sedih, seperti layaknya keluarga sendiri yang meninggal dan secara tidak langsung mengingatkan mereka mungkin tak lama lagi mereka juga akan mengalami hal serupa.

Saya membaca sebenarnya terapi gagal ginjal yang terbaik adalah cangkok ginjal. Kami pernah membicarakan hal ini di keluarga dan karena masih bujangan, saya bersedia menyumbangkan ginjal untuk kakak.

Saya mendapat informasi meski ginjal kita disumbangkan satu sehingga kita hanya hidup dengan satu ginjal, tetapi kualitas hidup kita akan tetap baik. Niat tersebut saya sampaikan kepada kakak saya dan dia ternyata juga amat antusias.

Setelah mendapat informasi lebih banyak dari dokter yang merawat kakak saya ternyata ada beberapa kendala. Salah satunya biaya. Ternyata asuransi kesehatan belum dapat membiayai cangkok ginjal.

Pertanyaan saya, kenapa asuransi kesehatan belum bersedia membiayai cangkok ginjal di Indonesia? Apakah di negara lain juga begitu? Bagaimana dengan kemampuan rumah sakit Indonesia dalam melaksanakan cangkok ginjal? Apakah mungkin dalam waktu dekat terapi cangkok ginjal lebih memasyarakat dan terjangkau? Terima kasih atas penjelasan Dokter. Apa penyebab gagal ginjal dan bagaimana mencegah agar kita tak sampai mengalami gagal ginjal?

M di J

Jumlah penderita gagal ginjal di Indonesia memang meningkat. Sebenarnya kakak Anda cukup beruntung karena banyak penderita gagal ginjal tak mendapat kesempatan menjalani cuci darah, biasanya disebabkan biaya cuci darah yang cukup mahal padahal tindakan cuci darah harus dilakukan 2-3 kali seminggu seumur hidup. Jadi, dapat kita bayangkan berapa biaya yang harus disediakan.

Jika kakak Anda harus membayar sendiri, mungkin beliau harus mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah untuk cuci darah serta konsultasi dokter, pemeriksaan laboratorium, dan biaya lainnya.

Cangkok ginjal memang merupakan terapi pilihan untuk gagal ginjal terminal. Gagal ginjal di Indonesia biasanya disebabkan infeksi, batu, dan diabetes melitus. Belakangan ini kasus gagal ginjal pada penderita lupus eritematosus sistemik juga meningkat. Ini menambah antrean penderita yang memerlukan cuci darah.

Tindakan cangkok ginjal di Indonesia sudah lama dilaksanakan, bahkan terapi ini sudah tersebar di beberapa kota besar, tidak hanya di Jakarta.

Pelopor cangkok ginjal di Indonesia, mendiang Prof Sidabutar, telah berupaya menjadikan terapi cangkok ginjal lebih mudah diakses masyarakat yang memerlukan. Halangan utama yang dihadapi adalah kurangnya donor ginjal serta biaya terapi yang mahal.

Untuk mengatasi kekurangan donor ginjal, profesi kedokteran telah meminta fatwa para tokoh agama untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa mendonorkan ginjal merupakan tindakan halal dan bahkan merupakan tindakan mulia. Di negara yang banyak melakukan cangkok ginjal donor ginjal yang banyak adalah justru dari donor jenazah, bukan dari orang hidup. Majelis ulama setahu saya telah membenarkan pengambilan ginjal donor dari jenazah ini.

Di beberapa negara, orang yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, misalnya, ginjal akan digunakan sebagai donor sewaktu orang tersebut mengalami mati batang otak. Ginjal yang disumbangkan akan bermanfaat untuk mereka yang memerlukan.

Kenyataannya, di Indonesia donor ginjal masih dari orang hidup sehingga sulit mendapatkan ginjal dalam jumlah lebih banyak. Donor ginjal dari jenazah (kadaver) belum berjalan.

Masalah kedua adalah biaya. Cangkok ginjal memerlukan tindakan operasi, obat untuk menekan penolakan ginjal yang dicangkokkan, serta berbagai obat penunjang keberhasilan cangkok ginjal. Biayanya memang dapat mencapai ratusan juta rupiah, tetapi menurut perhitungan pakar sebenarnya biaya cangkok ginjal lebih murah daripada biaya cuci darah yang berkepanjangan.

Masyarakat memang amat berharap asuransi kesehatan, utamanya milik pemerintah, dapat memelopori dukungan terhadap biaya cangkok ginjal ini. Meski kita memahami pengeluaran biaya cangkok yang besar secara sekaligus ini akan memberatkan keuangan perusahaan asuransi, tetapi kita juga memahami keputusan tersebut memerlukan perhitungan dan pertimbangan matang.

Sebenarnya cangkok ginjal di Indonesia masih berjalan. Di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sebenarnya masih dilakukan cangkok ginjal meski jumlahnya tidak banyak. Sekiranya masalah donor dan biayanya dicarikan jalan keluarnya, banyak penderita dapat ditolong. Di samping itu, pengalaman rumah sakit di Indonesia akan meningkat yang akan berbuah pada mutu layanan yang lebih baik.

Tampaknya masyarakat, profesi kedokteran, pemerintah dan swasta perlu diingatkan kembali pada pentingnya cangkok ginjal.

Sudah tentu cara yang termurah adalah memelihara kesehatan, termasuk kesehatan ginjal, caranya lebih mudah dan juga lebih murah. Jalanilah gaya hidup sehat. Periksakan diri secara teratur untuk mendeteksi hipertensi, diabetes melitus, atau infeksi ginjal. Obati infeksi ginjal dengan baik.

Jika ada batu ginjal, berobatlah; jangan sampai jatuh pada keadaan terlambat, yaitu gagal ginjal terminal. Penderita diabetes melitus harus berupaya mengendalikan kencing manisnya agar tidak timbul penyulit gagal ginjal. Begitu pula penyakit lupus eritematosus sistemik harus dikendalikan karena salah satu penyulitnya adalah gagal ginjal.

Selain itu, perlu hati-hati mengonsumsi obat dalam jangka panjang. Beberapa obat memengaruhi fungsi ginjal dan jika obat tersebut digunakan tanpa memantau fungsi ginjal akan dapat menimbulkan gagal ginjal.

Saya merasa prihatin dengan keadaan kakak Anda serta para penderita gagal ginjal lainnya. Mudah-mudahan kita bersama dapat mencari jalan keluar untuk menolong saudara-saudara kita itu.

Sumber :
http://www.kompas.com/read/xml/2008/05/18/11171766/cuci.darah.dan.cangkok.ginjal

Sumber Gambar :
http://www.ivy-rose.co.uk/Topics/Urinary/Kidney_Dialysis_cIvyRose.jpg

47 komentar:

  1. terima kasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya atas infonya
      kunjungi juga blogspot ku
      http://aboutofindonesia.blogspot.com/

      Hapus
    2. ####################################
      (RALAT) mohon maaf sblmya sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851 444
      #############################################

      Hapus
  2. Saya bersedia menjadi donor ginjal.
    Tapi bingung mesti kemana saya mendonorkannya.
    Apabila ada yang membutuhkan donor ginjal,
    Hubungi saya di No Hp.085795030340.
    Atau fb saya herivariant@yahoo.co.id
    email.herivariant@gmail.com

    BalasHapus
  3. saya bersedia donor ginjal bagi yang memerlukan, perempuan 35th, sehat. bisa dihubungi di : lifeme0777@gmail.com

    BalasHapus
  4. saya tinggal di Tulungagung jawa timur. swami saya 33 tahun difonis gagal ginjal stadium akhir,saya tidak ada buat biaya cuci darah rutin apalagi cangkok jantung.kondisi keuangan keluarga di ujung tanduk krn swami sy tulang punggung keluarga.saya tidak bisa bekerja krn mengurusi 2 anak saya yg masih umur 2 tahun dan 4 tahun dan harus mengurus swami yg sedang sakit. Untuk pengajuan jamkesmas atau keluarga miskin sulit bagi saya krn saya tinggal di komplek perumahan. bagi teman yg punya solusi dan jalan buat saya hub: 082141958592

    BalasHapus
  5. Gol B+ , siap donor
    hub 081311155009

    BalasHapus
  6. Dengan ini saya ingin sekali mendonorkan satu buah Ginjal milik saya dengan biodata sebagai berikut ini :

    Jenis Kelamin : Pria
    Usia : 38Tahun
    Kondisi Kesehatan : Baik
    Perokok : pernah
    Alkohol :Tidak Pernah
    Narkoba : Tidak Pernah
    Golongan darah : AB
    Keterangan Tambahan : Tekanan Darah Normal, Tidak Diabetes, Tidak Kanker, Tidak Punya Penyakit Pembuluh Darah, dan Tidak Pernah Ada Batu Ginjal

    Kompensasi : ...
    Hub qpx077@gmail.com
    0813 1011 7378

    BalasHapus
  7. Saya ingin mendonorkan ginjal saya,golonhan darahB kalau ada yg berminat hubungi.081281962607

    BalasHapus
  8. Saya ingin mendonorkan ginjal saya,golonhan darahB kalau ada yg berminat hubungi.081281962607

    BalasHapus
  9. saya mau jual ginjal gol darah B dijamin 100% sehat hub.02836177398 harga 350juta nego

    BalasHapus
  10. anda butuh uang????

    ingin donor ginjal????

    tidak tau tempat donor ginjal????

    sulit menemukan kenalan yang bisa membantu anda????

    perkenalkan saya
    membantu anda dalam melakukan proses donor ginjal dengan aman,rahasia terjaga.
    berikut kriteria yang bisa saya bantu
    umur 20-50tahun
    wanita/laki-laki
    sehat jasmani,rohani.
    tidak gila
    bisa diajak komunikasi dengan normal
    bersih(semua penyakit)
    (penyakit bawaan.hiv.penyakit menular lainya)
    harus2 benar2 bersih.
    tidak cacat(bawaan lahir/bekas kecelakan)

    bersedia di ambil 1 ginjal saja,,,
    dengan imbalan kompensasi yang di sepakati

    operasi dilakukan di Rs…….dengan prosedur resmi operasi.

    untuk gol darah yang di butukan bisa hub saya…

    kenapa tidak saya tulis.karena setiap calon penerima donor gol darahnya berubah-ubah
    jadi saya hanya membutukan jika gol darahnya sama,dll

    jika anda minat bisa hub call saya 085706755291

    BalasHapus
  11. Sy butuh ginjal untuk suami sy. Sy tidak punya biaya untuk cuci darah dsb. Penghasulan sy tidak cukup untuk membiayai 5 orang anak. Krn suami sy tulang punggung keluarga. Adakah saran atau solusi yg bisa membantu?

    BalasHapus
  12. Hari baik setiap orang,
    Jual ginjal. Selamatkan hidup dan dapatkan uang, dokter hanadex spesialis untuk pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda seharga 600.000 ton dan lebih. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami Untuk informasi lebih lanjut melalui e-mail: hanandexspecialist@gmail.com Atau aplikasinya +2348166843941 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami pasti akan memastikan bahwa kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda menikmati berbisnis dengan kami.

    Email: hanandexspecialist@gmail.com

    Salam

    BalasHapus
  13. Suami saya memerlukan donor ginjal dg gol darah AB. Mohon informasinya apabila ada yg bersedia mendonorkan ginjalnya. Lokasi di Surabaya.

    Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  14. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual uang ginjal Anda karena
    Keruntuhan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, hubungi kami
    hari ini kami menawarkan dosis ginjal yang baik. Nama saya adalah
    Dr. Daniel adalah seorang nephrologist di UBTH Medical Center. Milik kita
    Klinik ini khusus dalam operasi rumah sakit dan kami juga terlibat dalam pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan donor yang tepat.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda memiliki
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu
    hubungi kami melalui email

    E-mail: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor Whatsapp: +2349028230916
    Salam Hormat.
    Dr. Daniel

    BalasHapus
  15. Apakah Anda berharap dapat membeli untuk menyelamatkan kehidupan teman dan anggota keluarga.

    Apakah Anda Pertimbangkan atau ingin menjual ginjal Anda karena gangguan keuangan?

    Harga? Ini adalah kesempatan untuk menjual seharga $ 450.000,00 dollar? Pesan kami

    hari ini sesegera mungkin Seperti yang kita beli dan jual saat ini

    Ginjal. Rumah Sakit kami juga spesialis dalam operasi ginjal dan ginjal

    Saat ini kami bekerja sama dengan rumah sakit internasional lainnya

    Membeli dan menjual Ginjal yang sehat, dengan hidup dan sesuai

    donor. Kami berlokasi di India, Kanada, Inggris, Pakistan, Cina, Chili Turki,

    Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Columbia dll.

    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk melakukannya

    Hubungi kami via Email: draustinelvis@gmail.com

    Asli Donor / Jual / Pembeli Dibutuhkan Anda perlu mengumpulkan uang tunai untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar hutang atau barang



    Salam Hormat



    draustinelvis

    BalasHapus
  16. sy hendak menawarkan ginjal sy seharga 800jt nego,pembayaran dilakukan sebelum operasi,golongan darah sy O,berbadan sehat,jarang sakit,tidak merokok,tidak narkoba,tidak minum minuman keras.Bagi yg berminat serius bisa kontak sy di 081586574065.terima kasih

    BalasHapus
  17. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  18. Ini adalah kisah hidup yang sebenarnya tentang saya dan Dr.Raj di rumah sakit Narayana, yang saya berikan salah satu ginjal saya untuk mendapatkan uang dan dia memberi saya sejumlah 190.000,00 uang tunai beberapa hari sebelum transplantasi terjadi, saya dulu sangat miskin dan saya merasa sulit bagi saya untuk makan, saya menemukan sebuah kesaksian yang berbicara tentang bagaimana Dokter Raj memberi kompensasi kepadanya dengan memberi ginjalnya oleh seorang ken Sean yang mengatakan siapa pun yang tertarik
    harus mencobanya dan kembali untuk memberi kesaksian, saya menyalin email sebagai (narayanahealthcare.in@gmail.com) dan mengirim email kepadanya dalam waktu kurang dari tiga jam saya mendapat balasan dari Dokter dan kami menawar dan saya mengambil langkah berani semua perjanjian yang diperlukan, dalam beberapa hari lagi saya mendapat bayaran sebagaimana disetujui oleh kami berdua dan tanggal diambil untuk operasi dan dioperasikan pada saya untuk menyelamatkan pasien tanpa masalah dan saya mendapat uang saldo saya, saya sekarang secara finansial menetap dan tegas, jangan ragu untuk menghubungi rumah sakit (narayanahealthcare.in@gmail.com)
    Masalah keuangan saya sudah berakhir dalam hidup dan saya senang hidup sekarang.

    BalasHapus
  19. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    klinik khusus di Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui email.

    Email: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor Ponsel: +2349028230916.

    Salam Hormat.
    Dr Daniel.

    BalasHapus
  20. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    klinik khusus di Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui email.

    Email: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor Ponsel: +2349028230916.

    Salam Hormat.
    Dr Daniel.

    BalasHapus
  21. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    klinik khusus di Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui email.

    Email: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor Ponsel: +2349028230916.

    Salam Hormat.
    Dr Daniel.

    BalasHapus
  22. Saya ingin berterima kasih kepada seorang Dokter medis yang luar biasa dalam pribadi Dr Collins Raphael yang telah membuat keluarga saya dan saya bangga dalam kepercayaan dan urgensi, ia membeli salah satu ginjal saya untuk pasiennya dengan jumlah uang yang luar biasa dalam dolar, saya menemukan alamat email di internet sebagai doctorcollins3@gmail.com diterbitkan oleh satu Michel dan Lopez berterima kasih kepadanya dan memberi tahu dunia tentang bagaimana dia datang menyelamatkan mereka secara finansial sebagai akibat dari membeli ginjal mereka tanpa stres, saya segera menerapkan melalui email dan saya mengingat semua perhatian yang saya butuhkan oleh Dokter dalam waktu kurang dari seminggu saya memenuhi semua persyaratan, dan uang setengah saya seperti mimpi ketika datang ke rekening bank saya sebelum transplantasi, saya mendorong Anda untuk menghubungi Dr.Collins melalui; doctorcollins3@gmail.com untuk kedahsyatan keuangan Anda untuk datang seperti tambang beberapa bulan yang lalu. Saya berjanji untuk melakukan ini ketika saya akhirnya skala. doctorcollins3@gmail.com

    BalasHapus
  23. Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan 100% serius dalam menjual ginjalnya harus segera menghubungi Dr. mercy Winston Hospital e-mail: dr.mercyhospital@gmail.com, karena kami memiliki banyak pasien yang Saat ini membutuhkan transplantasi ginjal, apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjalnya untuk uang karena kehancuran keuangan dan kami akan memberikan $ 80,000 USD untuk ginjalnya. dan juga kami memiliki penyembuhan hiv / bantuan jika Anda memerlukan obatnya juga hanya email kami sekarang, email: dr.mercyhospital@gmail.com dan Anda juga dapat menambahkan kami pada whats-app dengan nomor ini +2348104857337 terima kasih.

    BalasHapus
  24. Apakah Anda menantikan untuk membeli untuk menyelamatkan kehidupan teman dan anggota keluarga. Apakah Anda Mempertimbangkan atau ingin menjual ginjal Anda karena kehancuran keuangan? Atau Anda perlu mengumpulkan uang untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar utang atau harga yang bagus? Ini adalah kesempatan untuk menjual seharga $ 900,000.00 dolar? Kirimi kami pesan hari ini sesegera mungkin. Saat ini kami sedang membeli dan menjual Ginjal. Rumah Sakit kami juga memiliki spesialisasi dalam Bedah Ginjal dan Hati dan kami saat ini bekerja sama dengan rumah sakit internasional lainnya untuk membeli dan menjual Ginjal sehat, dengan donor hidup dan donor yang sesuai. Kami berlokasi di India, Kanada, Inggris, Pakistan, Cina, Chili Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Columbia dll.
    Jika Anda tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    Hubungi kami melalui Email: doctorcollins3@gmail.com
    Berikut ini adalah nomor whatspp perusahaan kami +254750078353
    Donor Asli / Jual / Pembeli Dibutuhkan
    Salam Hormat….
    Dr Collins.

    BalasHapus
  25. Ini adalah kisah hidup yang sebenarnya tentang saya dan Dr.Raj di rumah sakit Narayana, yang saya berikan salah satu ginjal saya untuk uang dan dia membayar saya sejumlah uang sejumlah 190.000,00 dolar beberapa hari sebelum transplantasi terjadi, saya dulu sangat miskin dan saya merasa sulit bagi saya untuk makan, saya menemukan sebuah kesaksian yang berbicara tentang bagaimana Dokter Raj memberi kompensasi kepadanya dengan memberi ginjalnya oleh seorang ken Sean yang mengatakan siapa pun yang tertarik
    harus mencobanya dan kembali untuk memberi kesaksian, saya menyalin email sebagai (narayanahealthcare.in@gmail.com) dan mengirim email kepadanya dalam waktu kurang dari tiga jam saya mendapat balasan dari Dokter dan kami menawar dan saya mengambil langkah berani semua perjanjian yang diperlukan, dalam beberapa hari lagi saya mendapat bayaran sebagaimana disetujui oleh kami berdua dan tanggal diambil untuk operasi dan dioperasikan pada saya untuk menyelamatkan pasien tanpa masalah dan saya mendapat uang saldo saya, saya sekarang secara finansial menetap dan tegas, jangan ragu untuk menghubungi rumah sakit (narayanahealthcare.in@gmail.com)
    Masalah keuangan saya sudah berakhir dalam hidup dan saya senang hidup sekarang. TERIMAKASIH TUAN

    BalasHapus
  26. Halo semua.


    Nama saya Dr Kate Adams, seorang Phenologist di Rumah Sakit Adams. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai. Kami berlokasi di Dubai, Turki, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email: kateadams946@hotmail.com

    My Regard



    Dr Kate Adams



    Nomor Telepon: +2348146161694

    BalasHapus
  27. Apakah Anda menantikan untuk membeli untuk menyelamatkan kehidupan teman dan anggota keluarga. Apakah Anda Mempertimbangkan atau ingin menjual ginjal Anda karena kehancuran keuangan? Atau Anda perlu mengumpulkan uang untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar utang atau harga yang bagus? Ini adalah kesempatan untuk menjual seharga $ 800,000.00 dolar? Kirimi kami pesan hari ini sesegera mungkin. Saat ini kami sedang membeli dan menjual Ginjal. Rumah Sakit kami juga memiliki spesialisasi dalam Bedah Ginjal dan Hati dan kami saat ini bekerja sama dengan rumah sakit internasional lainnya untuk membeli dan menjual Ginjal sehat, dengan donor hidup dan donor yang sesuai. Kami berlokasi di India, Kanada, Inggris, Pakistan, Cina, Chili Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Columbia dll.
    Jika Anda tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    Hubungi kami melalui Email: doctorcollins3@gmail.com
    Donor Asli / Jual / Pembeli Dibutuhkan
    Salam Hormat….
    Dr Collins.

    BalasHapus
  28. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    klinik khusus di Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui email.

    Email: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor Ponsel: +2349028230916

    Salam Hormat.
    Dr Daniel.

    BalasHapus
  29. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangannya rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda sejumlah ginjal Anda. Nama saya adalah
    Daniel adalah seorang ahli nefrologi di Pusat Kesehatan UBTH. Kita
    klinik khusus di rumah sakit ginjal, dan juga berhubungan dengan pasar
    dan transplantasi ginjal dengan kehidupan donor yang memadai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, USA, Malaysia. Jika kamu
    Orang yang tertarik menjual atau membeli ginjal tidak ragu untuk melakukan ini
    hubungi kami melalui email.

    E-mail: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor ponsel: +2349028230916

    Salam pembuka
    Dr Daniel

    BalasHapus
  30. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    klinik khusus di Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui email.

    Email: Doctordaniel95@outlook.com Atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor Whatsapp: +234709028230916

    Salam Hormat.
    Dr Daniel.

    BalasHapus
  31. Saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya menjadi kaya dan terkenal hari ini di negara saya ... saya sangat dicekik oleh kemiskinan dan saya tidak memiliki tubuh untuk membantu saya, dan juga saya mencari bantuan dari berbagai penjuru tetapi untuk mengetahui manfaatnya. saya melihat orang-orang di sekitar saya menjadi kaya tetapi bagi saya saya sangat malu pada diri saya sehingga saya bertemu dengan seorang pria dalam perjalanannya dia sangat kaya dan dia adalah seorang dokter sehingga dia mengatakan kepada saya sesuatu dan saya memikirkannya meskipun hari itu jadi Hari berikutnya saya melihat ke atas dan saya terus mengulangi apa yang dia katakan kepada saya. "Jika Anda ingin cepat kaya dan menjadi terkenal" Anda perlu menyeberangi hati Anda dan melakukan apa yang ada di pikiran Anda sehingga saya mencoba semua yang saya bisa di lain untuk saya lakukan seperti yang dia katakan nanti saya katakan pada teman saya tentang ini hal yang sama maka teman saya tertarik dengan saran saya jadi saya memutuskan untuk mencari di internet dan saya menemukan alamat email (illuminatiwealthsociety.6@gmail.com) sehingga kami memutuskan untuk menghubungi mereka dan sayangnya kami melakukan apa yang mereka perintahkan untuk kami lakukan dan kemudian mereka mengatakan kepada kami untuk mendapatkan beberapa persyaratan dan semua yang lain ... jadi inisiasi ini membawa kami hanya seminggu dan kemudian pada persaudaraan besar memberi kami ($ 200,000.00 USD) untuk memulai hidup kami dunia perubahan gaya hidup total akses ke bohemian grove pembayaran bulanan ($ 20,000,00) ke rekening bank Anda setiap bulan sebagai janji anggota satu bulan dipesan dengan 5 pemimpin dunia teratas dan 5 selebriti teratas di dunia…. dan sekarang saya bersaksi bahwa jika Anda ingin bergabung dengan persaudaraan besar, yang perlu Anda lakukan adalah meminta Anda menghubungi mereka karena mereka sah dan mereka melakukan apa yang mereka perintahkan agar mereka lakukan baik-baik saja, jadi kirimkan email kepada mereka sekarang di {illuminatiwealthsociety. 6@gmail.com}

    BalasHapus
  32. Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? atau Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya (Dokter Elvis Whyte) adalah seorang Phrenologist di rumah sakit kami, saya mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai. Hubungi Email: doctorelviswhyte@gmail.com

    BalasHapus
  33. Halo setiap tubuh nama saya Ny. John seorang warga negara Mongolia
    Saya di sini untuk menerbitkan kepada dunia tentang bagaimana saya menjadi kaya setelah menjual saya
    ginjal di rumah sakit Fortis India, sebelum sekarang, keluarga saya sangat miskin
    sampai-sampai kita tidak mampu membeli satu mil sehari. saya telah
    mencari cara untuk mengurangi kemiskinan ini sampai saya bertemu Dr AMEER
    hubungi di internet yang setuju untuk membeli ginjal saya dalam jumlah
    $ 520.000 dolar,
    ia membayar setengah dari jumlah itu sebelum operasi berlangsung di sini
    India dan sisanya diberikan kepada saya setelah operasi, sekarang i
    Saya berani mengatakan keluarga saya dan saya tidak pernah bisa miskin lagi dalam hidup.
    Nasihat Anda untuk bertemu dengannya di (fortis.hospital.in@gmail.com)

    BalasHapus
  34. Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? atau Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya (Dokter Elvis Whyte) adalah seorang Phrenologist di rumah sakit kami, saya mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai. Hubungi Email: doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp us +2347083629144 untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  35. Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? atau Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya (Dokter Elvis Whyte) adalah seorang Phrenologist di rumah sakit kami. Saya berspesialisasi dalam Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang hidup. Hubungi Email: doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp us +2347083629144 untuk informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  36. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan selamatkan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutang anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600,000.00 $ ke atas. Semua donor yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami sesuka kami
    Yakin pastikan kami bekerja dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    nikmati berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  37. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  38. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  39. Halo, kami membutuhkan donor mendesak sekarang.
    jika Anda siap untuk menjual sperma, telur, ginjal, hati seharga $ 500.000,00 segera hubungi rumah sakit di: drellahospital@gmail.com
    ini adalah tempat yang tepat untuk menjual / membeli dan menyumbangkan ginjal

    BalasHapus
  40. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan selamatkan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600,000.00 $ ke atas. Semua donor yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami sesuka kami
    Yakin pastikan kami bekerja dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    nikmati berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  41. Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Atau Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda untuk mendapatkan uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya (Dokter Elvis Whyte) adalah seorang Phrenologist di rumah sakit kami. Saya berspesialisasi dalam Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang hidup. Hubungi Email: doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp saya +2347083629144 untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  42. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan selamatkan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600,000.00 $ ke atas. Semua donor yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami sesuka kami
    Yakin pastikan kami bekerja dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    nikmati berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  43. Dimohon perhatiannya,

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum Laki-laki atau Perempuan yang sehat dan 100% serius dalam menjual ginjal mereka harus segera menghubungi Miot Center. Karena kami memiliki banyak pasien yang ada di sini untuk transplantasi ginjal, Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan kami akan menawarkan $ 550.000 USD untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah Dokter Brad Hilaman, saya seorang Presentatif di Rumah Sakit Memorial Dosher. Rumah sakit kami memiliki spesialisasi dalam Bedah Ginjal / transplantasi dan perawatan organ lainnya, kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang hidup dan sehat. Jika Anda tertarik untuk menjual ginjal Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Email: doshermemorialhospital1@gmail.com

    Email: doshermemorialhospital1@gmail.com
    Atau whatsapp: +2348110652559
    Brad Hilaman.

    BalasHapus