Kamis, 20 Agustus 2009

Teh hijau dalam jumlah besar dapat merusak ginjal?


Semua orang tentu mengenal kebiasaan minum teh dan momentum ini telah menjadi tradisi turun temurun di seluruh dunia. Popularitas tradisi ini bahkan dikaitkan dengan suasana kekeluargaan, baik di negara Barat maupun Timur.


Beberapa jenis teh telah banyak diselidiki khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya adalah teh hijau. Zat polyphenols yang terkandung didalamnya diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

Namun, di balik khasiat teh hijau, ternyata mengonsumsi kandungan polyphenols dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal, demikian disebutkan oleh beberapa studi yang menunjukkan toksisitas polyphenols.

Sebetulnya konsumsi teh hijau ini tidak terlalu mengkhawatirkan, namun perlu dipikirkan pada individu yang mengonsumsi suplemen yang mengandung polyphenols, demikian diungkapkan seorang penulis bernama Prof. Chung Yang dari Universitas Rutgers di New Jersey. Beliau menekankan setiap individu yang minum teh hijau hingga sepuluh cangkir per hari masih dapat ditoleransi. Masalah akan timbul pada individu yang mengonsumsi suplemen dengan kandungan polyphenols-nya hingga 50 kali lipat dibandingkan secangkir teh.

Prof. Yang melaporkan kasus-kasus kematian pada manusia dengan keracunan hati akibat mengonsumsi polyphenols dalam jumlah besar yang terkandung pada suplemen. Gejala-gejala yang timbul menghilang apabila individu menghentikan konsumsi suplemen tersebut, dan timbul kembali bila mereka mengonsumsinya lagi. (Chemical research in toxicology, vol 20, p583)

Sebenarnya konsumsi teh sendiri dapat mengakibatkan rangsang seringnya berkemih, sehingga banyak minum teh pada penderita gagal ginjal akan semakin mengganggu fungsi ginjal yang sebelumya sudah mengalami kerusakan.

Referensi:
http://www.newscientist.com: Green tea can be harmful in large quantities.

Sumber :
http://www.sahabatginjal.com/
21 Agustus 2009

Sumber Gambar:
http://www.mellowmonk.com/images/homeimage1.jpg

1 komentar:

  1. nice info...
    saya pikir teh bagus untuk kesehatan tapi kalo dkonsumsi dlm jumlah besar berbahaya juga y...

    BalasHapus